Kamis, 01 Oktober 2015

NASI PECEL WONG NGAPAK



Kangkung, tauge, kacang panjang dan sesekali kecombrang yang disiram kuah kacang pastilah sudah akrab dengan lidah kita semua. Apa sih ? Rujak sayur ? Gado-gado ? Lotek ? Atau Pecel ?

Kalau yang ini gado-gado buatan saya Bun,..

Untuk memastikannya bisa dirasa dari kuah kacangnya. Jika ada rasa kencur maka ia adalah pecel. Kalau tidak ya rujak sayur. Sebenarnya secara tampilan keduanya juga beda kok. Tinggal perhatian apa enggak. Kayak bumbu rujak yang diulek bareg sayurannya (kebanyakan sih tanpa tauge ya), sementara pecel, kuah kacangnya disiramkan diatasnya. Nyyyyaammmm.




Tidak jelas secara pasti darimana asal daerah pecel yang pertama. Hanya saja beberapa nama wilayah di Jawa Timur cukup identik dengannya. Mulai dari Ponorogo, Madiun, Magetan dan sebagainya. Walau begitu di Purbalingga pecel juga masih terus difavoritkan kok. Nggak percaya ?

Ini yang disebut sego pecel Madiun

Jualan saya selalu ludeeees lho tiap minggu pagi di gelar produk UMKM Perwira yang berlokasi di seputaran Gelora Guntur Darjono Purbalingga. Monggo yang lain, silakan dilarisi juga pecel saya......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar